Rabu, 12 September 2012

Pantai Tanjung Tinggi: Kebanggaan masyarakat Belitong


Siapa yang tidak penasaran dengan Pulau Belitung setelah film berjudul "Laskar Pelangi" yang diangkat dari hasil karya penulis buku Andrea Hirata menjadi booming di Indonesia. Salah satu scene film tersebut yang mengundang banyak decak kagum menampilkan adegan anak-anak yang sedang berlari melewati celah-celah diantara batu yang menjulang tinggi. Pulau Belitung memang dikenal akan keindahan alamnya yang sangat luar biasa, salah satu pantainya yang sangat terkenal dengan batu-batu besar tersebut, yaitu pantai Tanjung Tinggi. 


Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai yang menjadi andalan masyarakat Belitung. Dengan bebatuan besar yang menjulang tinggi, air laut yang sangat bersih dan tenang dan pasir halus yang sangat putih ternyata menarik rasa penasaran banyak orang. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat Belitung, bebatuan besar tersebut berasal dari pecahan batu meteorit yang jatuh beribu tahun yang lalu, dan tersusun menjadi taman batu hingga sekarang. Ukuran batu yang tertinggi mencapai ± 9 meter, dan jika berminat, pengunjung dapat menaiki batu tersebut dengan memanjat akar-akar pohon rambat yang tumbuh menggelantung di sekitar batu.

            Selain memiliki pemandangan luar biasa indah yang memanjakan mata, Tanjung tinggi juga menyajikan wisata kuliner yang tidak kalah memanjakan perut para pengunjung. Setelah lelah berenang, pengunjung bisa puas menikmati berbagai jenis makanan laut, mulai dari berbagai jenis ikan segar, udang, kepiting rajungan, cumi-cumi, gurita, dan kerang laut, yang diolah dengan cara memasak dan bumbu khas pulau Belitung.  Masakan yang paling terkenal dan hanya ada di pulau Bangka-Belitung adalah 
Gangan”, 
yaitu sup ikan yang berbahan dasar ikan, kunyit, cabe rawit dan nanas atau terung asam. Dengan cita rasa yang asam, pedas, dan gurih sangat cocok disantap disiang hari dengan nasi panas.
Selain gangan, “Tumis daun genjer bumbu belacan (terasi) ” dan “Panggang ikan ilak” 
juga menjadi menu favorit menemani lauk makan siang. Tidak lupa kelapa muda hijau dan Es jeruk kunci selalu siap di sajikan oleh pemilik rumah makan setelah para pengunjung selesai bersantap. Mengenai masalah harga, semua masakan sangat disesuaikan dengan dompet para pengunjung, karena pengunjung memiliki kebebasan untuk memilih sendiri semua ikan dan sayuran sebelum dimasak

Pantai Tanjung tinggi bisa dicapai ± 30 menit dari ibu kota pulau Belitung, Tanjung pandan, dengan menggunakan kendaraan bermotor. Fasilitas penginapan, baik hotel bintang tiga atau homestay di rumah penduduk, di sekitar pantai pun sudah memadai dan sangat nyaman. Selain wisata pantai Tanjung tinggi, pengunjung dapat menikmati suasana naik kapal boat bersama nelayan ke pulau-pulau kecil sekitar pantai tanjung tinggi, hanya dengan membayar sekita ± Rp 400.000,- untuk 15 orang. Suasana pantai yang tenang, nyaman, bersih, dan sekaligus dekat dengan ibukota dan fasilitas umum memberikan perasaan yang menyenangkan, karena meskipun liburan dan sejenak meninggalkan modernitas menuju tradisionalitas, dengan sekejap pengunjung dapat kembali ke kehidupan kota.
            
Pulau Belitung dan Tanjung tinggi sangat mudah untuk dicapai dengan beberapa catatan biaya berikut:
1. Tiket Pesawat (Penerbangan setiap hari)     :± Rp. 1.000.000,- (Pulang Pergi) hanya 45 menit dari bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ke bandara Hananjoedin, Belitung.
2. Airport text (Pajak airport)                                   :Rp. 40.000,-
3. Transportasi                                                  :Sewa mobil, motor, kapal boat nelayan atau   travel
4. Tempat penginapan                                   - Paket Travel (Website Belitung)
                                                                                      - Hotel Bintang Tiga
                                                                                      - Hotel Kelas Melati
                                                                                      - Homestay di Rumah Penduduk
5. Rumah Makan                                                     :Sea food, chinese food, mie rebus Belitung, masakan melayu, KFC, dll.
6. Oleh-oleh Belitung                                              :UKM (Usaha Kecil Menengah) Belitung, abon Ikan, rusip (fermentasi ikan), kulat (jamur hutan kering), batu satam (Batu meteorit khas belitung). dodol agar, kue satu, kue rintak.
         Sekian gambaran jalan-jalan ke Belitung, khususnya pantai Tanjung tinggi kali ini. Sebagai saran, sebaiknya pengunjung yang memilih paket liburan ke Belitung mengumpulkan sebanyak mungkin anggota, karena, semakin banyak anggota, maka semakin murah pula paket yang didapatkan. Selamat liburan ! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar